Beranda | Artikel
Khalifah yang Terzalimi, Utsman bin Affan radhiyallahu anhu (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)
Sabtu, 21 November 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

Download juga rekaman audio kajian: “Keutamaan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha – oleh Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Khalifah yang Terzalimi, Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu

Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu merupakan khalifah ketiga umat Islam dari khulafatur rasyidin yang ada. Beliau merupakan sahabat sekaligus menantu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau juga merupakan orang terbaik setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, dan Umar radhiyallahu ‘anhu.

Beliau adalah Utsman bin Affan bin Abdil Ash bin Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf. Beliau berjumpa nasabnya dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada kakeknya yaitu Abdi Manaf. Jadi, antara Utsman bin Affan dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ada hubungan kekerabatan.

Utsman bin Affan mendapat gelar yang tidak dimiliki oleh orang lain, yaitu Dzunnuraini, artinya pemilik dua cahaya. Hal ini karena beliau dinikahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan dua putrinya. Yang pertama Ruqayah, tatkala Ruqayah sakit dan kemudian meninggal dunia, beliau dinikahkan dengan putri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lainnya, yaitu Ummu Kultsum.

Utsman merupakan termasuk orang-orang yang pertama-tama masuk Islam. Dan beliau memiliki keutamaan yang banyak yang tidak dimiliki oleh yang lainnya. Di antaranya adalah beliau mengikuti dua kali hijrah, yaitu ke negri Habasyah dan ke Madinah.

Mari simak ceramah agama Islam yang membahas tentang “Utsman bin Affan” ini, dengan mendengarkannya secara langsung melalui player yang tersedia di bawah ini atau download rekamannya sekarang juga.

Download Ceramah: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan – Khalifah yang Terzalimi, Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu

Jangan lupa, share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga menjadi amal yang bermanfaat bagi diri kita karena telah membagikan kebaikan ini kepada saudara Muslimin. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/17266-khalifah-yang-terzalimi-utsman-bin-affan-radhiyallahu-anhu-ustadz-abu-fairuz-ahmad-ridwan-ma/